Alasan Pentingnya Asuransi Sepeda Motor

Membeli sepeda motor baru adalah salah satu momen yang sangat menyenangkan sekaligus membahagiakan. Namun, pembelian ini juga datang dengan tanggung jawab yang lebih besar. Anda harus memastikan bahwa Anda sudah mengetahui dan mengikuti semua aturan yang berkaitan dengan sepeda motor, sekaligus memahami cara mengendarainya di jalanan. 

Salah satu cara agar Anda bisa mengendarai dengan lebih aman adalah dengan memastikan bahwa Anda telah membeli asuransi sepeda motor yang memadai. Namun, sementara undang-undang mengamanatkan hanya sampai pihak ketiga, sebenarnya disarankan agar Anda membeli cakupan asuransi yang lebih besar dengan membeli polis asuransi sepeda yang lebih komprehensif. 

Sebenarnya ada berbagai alasan yang mendasari pentingnya asuransi motor yang komprehensif ini, dari cakupan yang lebih baik hingga tambahan-tambahan lain yang bisa menguntungkan Anda. Mari kita bahas tentang hal ini dengan lebih detail.

Kenapa Asuransi Sepeda Motor Itu Penting

Jika ada yang membeli sepeda baru, maka wajib rasanya untuk membeli polis asuransi. Berdasarkan Undang-Undang Kendaraan Bermotor, Pemerintah telah mewajibkan setiap pemilik sepeda untuk memiliki polis asuransi, setidaknya yang basic.

Kondisi jalan yang buruk ditambah dengan mengemudi yang terburu-buru meningkatkan kemungkinan kecelakaan. Suatu kecelakaan dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan yang menimbulkan cedera atau bahkan terkadang mengakibatkan hilangnya nyawa. 

Kehilangan uang tidak dapat dihindari dalam keadaan ini karena seseorang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki kendaraan dan mendapatkan bantuan medis jika terluka. Semua biaya perbaikan dapat diurus oleh perusahaan asuransi jika polis telah dibeli. Dengan demikian, kejadian yang tak terduga ini tidak akan menguras kantong Anda.

Polis juga menjamin kerusakan sepeda akibat bencana alam seperti banjir, gempa bumi, kebakaran, dll. Jadi, Anda dapat mengajukan klaim dalam keadaan-keadaan yang seperti ini. Selain itu, mayoritas pemilik sepeda motor adalah orang-orang dengan sumber daya yang terbatas. Maka dari itu, memiliki polis asuransi bisa memastikan bahwa mereka bisa terhindar dari beban biaya tak terduga jika terjadi kecelakaan atau pencurian kendaraan.

Dengan Asuransi Sepeda Motor pihak ketiga, seseorang dapat mengajukan klaim atas kerusakan pada kendaraan lain (yang disebut pihak ketiga) yang terlibat dalam suatu kecelakaan. Alasan utama seseorang untuk memiliki polis asuransi adalah bahwa hal ini bisa membantu dukungan keuangan kepada pemegang polis untuk setiap biaya yang dikeluarkan karena pekerjaan perbaikan kendaraan yang rusak dalam kecelakaan, bencana alam dll. 

Dengan hanya membayar sejumlah kecil untuk membeli polis asuransi, seseorang dapat mengklaim jumlah uang yang wajar pada saat dibutuhkan. Masuk akal rasanya untuk mengambil polis asuransi sepeda motor Anda dengan membayar sejumlah uang dengan tujuan untuk menghindari beban tambahan pada anggaran Anda jika terjadi kecelakaan.

Cara Membuat Biaya Asuransi Sepeda Motor Lebih Terjangkau

Untuk memutuskan jenis pertanggungan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, penting untuk memahami tiga jenis polis asuransi sepeda motor yang tersedia:

Asuransi pihak ketiga saja (TPO) adalah pertanggungan minimum yang diwajibkan oleh hukum. Ini akan melindungi Anda jika Anda terbukti bersalah dalam kecelakaan yang menyebabkan cedera pada orang lain atau kerusakan pada kendaraan mereka. Tingkat asuransi ini tidak akan membayar untuk perbaikan apa pun pada sepeda motor Anda sendiri atau cedera apa pun yang Anda derita.

Asuransi pihak ketiga, kebakaran dan pencurian (TPFT) menawarkan kesepakatan yang sama seperti di atas ditambah perlindungan tambahan untuk pencurian dan kerusakan pada sepeda motor Anda dalam percobaan pencurian atau jika terjadi kebakaran. Sekali lagi, tingkat asuransi ini tidak akan melindungi Anda jika terjadi cedera pribadi.

Perlindungan menyeluruh menawarkan berbagai manfaat tambahan seperti asuransi cedera diri, kerusakan sepeda motor yang tidak disengaja, dan bahkan sepeda pengganti jika sepeda Anda perlu diperbaiki. Pastikan untuk memeriksa ketentuan dan aturan dari polis asuransi Anda karena kemungkinan akan ada daftar pengecualian; dan ingat bahwa tidak semua polis asuransi sepeda motor yang komprehensif menawarkan nilai yang sama.

Memilih model sepeda motor yang lebih murah, lebih kecil atau lebih tua bisa membuat biaya asuransinya lebih murah. Kecuali itu sepeda yang sangat tidak biasa atau langka, sepeda motor jenis ini biasanya lebih murah untuk diperbaiki dan diganti.

Jika Anda perlu mengasuransikan pengendara lain juga, premi nya juga pasti akan terpengaruh. Tapi ini tidak akan selalu menjadi hal yang buruk bagi saldo keuangan Anda. Tapi ingat, Anda akan dikenakan biaya lebih banyak untuk menambahkan pengendara muda yang tidak berpengalaman ke pertanggungan Anda.

Tetapi, mengasuransikan pengendara yang lebih tua atau berpengalaman akan bisa menghemat uang asuransi Anda. Selalu jujur ​​dengan penyedia asuransi Anda tentang siapa yang akan mengendarai kendaraan Anda sangatlah penting hukumnya.

Ketika memilih asuransi sepeda motor, pertimbangkan biaya lebihnya. Biaya lebih adalah jumlah yang harus Anda bayar dalam hal mengajukan klaim sebelum perlindungan asuransi Anda berlaku. Ini adalah sesuatu yang harus selalu Anda periksa dalam cetakan kecil polis Anda dan pertimbangkan dengan hati-hati. Jika Anda memilih untuk membayar kelebihan yang lebih tinggi, kemungkinan premi Anda akan lebih rendah. Cobalah untuk berpikir tentang apa yang tampak seperti jumlah yang masuk akal untuk berpisah jika terjadi insiden yang tidak menguntungkan.

Manfaat Memiliki Asuransi Sepeda Motor yang Komprehensi

1. Bisa Melindungi Dari Bencana yang Tak Terduga

Salah satu kekurangan dari asuransi pihak ketiga adalah hanya menanggung kerusakan yang diderita oleh pihak ketiga mana pun yang terlibat dalam kecelakaan atau tabrakan dengan Anda. Asuransi jenis ini tidak akan melindungi Anda dalam situasi di mana pihak ketiga tidak terlibat, seperti bencana cuaca atau bencana alam. Bencana ini bisa berupa banjir, gempa bumi, atau bencana alam lainnya. 

Maka dari itu, pilihlah asuransi komprehensif yang akan melindungi Anda jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam.

2. Bisa Menutupi Biaya Reparasi Kerusakan

Selanjutnya, Anda akan dilindungi dari tindakan kerusakan orang lain pada kendaraan Anda, seperti pencurian atau perampokan. Dalam situasi seperti itu, pertanggungan pihak ketiga tidak akan melindungi Anda dan dengan demikian asuransi yang komprehensif sangat dianjurkan. 

Asuransi kompregensi akan membantu Anda mendapatkan kembali sejumlah besar kerugian finansial jika Anda pernah berada dalam situasi yang tidak menguntungkan seperti ini.

3. Sudah Termasuk Asuransi Pihak Ketiga

Asuransi sepeda motor yang komprehensif sebenarnya merupakan kombinasi dari asuransi pihak ketiga dan asuransi kerusakan itu sendiri, dan dengan demikian Anda bisa memiliki semua manfaat dari asuransi pihak ketiga. 

Asuransi ini akan mengurus segala kewajiban yang Anda peroleh jika Anda mengalami kecelakaan dengan pihak ketiga, misalnya kerusakan kendaraan mereka atau tagihan rumah sakit. Dengan demikian, tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan asuransi sepeda komprehensif karena asuransi ini akan melindungi Anda dalam semua skenario yang akan ditanggung oleh asuransi pihak ketiga.

4. Ada Beragam Manfaat Lainnya

Akhirnya dengan asuransi komprehensif, Anda dapat membeli tambahan atau adds on, yang merupakan pertanggungan tambahan yang dapat Anda beli dengan premi tambahan, seperti pertanggungan depresiasi nol, pertanggungan bantuan pinggir jalan, dan banyak lagi. 

Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mengubah dan menyesuaikan kebijakan Anda untuk memastikannya memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda dan sesuai dengan kebutuhan pribadi.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these