Bagaimana Cara Mengecek Asuransi Sepeda Motor

Asuransi sepeda motor untuk pengendara muda mungkin cocok untuk Anda jika Anda berusia 16 atau 17 tahun dan baru saja lulus pelatihan dasar wajib Anda untuk membawa sepeda motor Anda keluar di jalan terbuka, atau jika Anda sudah lama berkendara.

Untuk pengendara muda, memiliki polis asuransi yang baik sangat menguntungkan. Anda dapat memilih untuk meningkatkan cakupan Anda. Anda juga akan merasa tenang mengetahui bahwa jika Anda mengalami kecelakaan, perusahaan asuransi dapat membantu.

Apabila Anda sudah memilih produk asuransi tertentu, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek status asuransi Anda. Nah sebelum membahas mengenai hal tersebut, akan kami jelaskan terlebih dahulu tentang asuransi sepeda motor yang perlu Anda tahu.

Asuransi Sepeda Motor: Opsi yang Pas Untuk Pemula

Asuransi sepeda motor untuk pengendara muda mungkin akan sangat cocok jika Anda berusia 16 atau 17 tahun dan baru saja lulus pelatihan dasar yang wajib dilakukan untuk membawa sepeda motor. Asuransi kendaraan bermotor pun juga bisa menjadi opsi yang penting apabila Anda telah berkendara untuk waktu yang cukup lama.

Untuk pengendara muda, memiliki polis asuransi yang baik dan terjangkau sangatlah menguntungkan. Anda pun dapat memilih untuk meningkatkan cakupan asuransi kendaraan bermotor Anda. Anda juga akan merasa lebih tenang dengan mengetahui bahwa jika Anda mengalami kecelakaan atau kejadian-kejadian yang tak terduga, perusahaan asuransi dapat membantu pengeluaran Anda yang mendadak.

Poin-poin Penting yang Harus Diketahui

Pengendara bisa mendapatkan sertifikat Pelatihan Dasar Wajib dan mengendarai mulai usia 16 tahun di negara-negara maju. Di Indonesia sendiri, semua warga yang sudah berusia 17 tahun ke atas wajib mendapatkan SIM atau Surat Izin Mengemudi, yang menandakan bahwa mereka sudah cukup layak untuk berkendara di jalanan. Untuk mengendarai sepeda motor, mereka membutuhkan SIM C.

Berbicara mengenai asuransi, biaya asuransi sepeda motor biasanya ditentukan oleh sejumlah faktor seperti risiko, pengalaman, merek dan model sepeda motor, nilai sepeda motor, usia Anda, tenaga mesin sepeda motor, dan riwayat berkendara Anda.

Sebetulnya ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk memangkas biaya premi asuransi motor Anda yang nanti akan kami bahas di akhir artikel ini..

Biaya Asuransi Sepeda Motor untuk Para Pemula

Pengendara bisa mendapatkan SIM dan mengendarai moped mulai usia 17 tahun. Pada umumnya, pengendara usia muda membayar premi yang jauh lebih tinggi daripada kelompok usia lainnya karena kurangnya pengalaman.

Karena semua variabel tertentu, tidak ada jumlah biaya yang pasti untuk menentukan besaran asuransi sepeda motor. Tetapi, jika Anda mengendarai sepeda motor sport bertenaga tinggi, Anda harus membayar lebih tinggi untuk mendapatkan asuransi kendaraan Anda.

Cara paling sukses bagi pengendara muda untuk menurunkan premi adalah dengan membangun catatan mengemudi yang sehat dari waktu ke waktu; yang mana artinya berkendara dengan baik dan terampil. Berkendaralah dengan hati-hati agar terhindar dari kecelakaan. Dengan begitu, Anda bisa memiliki record berkendara yang baik.

Memilih Jenis Asuransi Sepeda Motor Terbaik

Ada tiga jenis asuransi sepeda motor yang bisa dipilih oleh pengendara muda.

1. Asuransi sepeda motor Tipe 1 – Asuransi sepeda motor tipe 1 mencakup kecelakaan atau cedera, kerusakan sepeda motor, dan pertanggungan medis untuk cedera yang diderita akibat kecelakaan, kebakaran, atau pencurian.

2. Asuransi sepeda motor tipe 2 – Ini memberikan tanggung jawab atas kerusakan dan kecelakaan properti pihak ketiga, serta pertanggungan untuk sepeda Anda jika dicuri atau terbakar.

3. Asuransi sepeda motor tipe 3 – Ini adalah pertanggungan minimum dasar yang biasanya sangatlah terjangkau. Produk asuransi ini hanya mencakup kerusakan dan cedera pada orang lain dan properti mereka yang Anda sebabkan. Itu tidak mengacu pada sepeda motor pribadi Anda.

Langkah-Langkah Mendapatkan Asuransi Sepeda Motor

Berikut panduan sederhana yang mudah diikuti saat mengajukan asuransi sepeda motor.

  1. Sebutkan penggunaan sepeda motor seperti seperti untuk tujuan rekreasional, perjalanan, atau bisnis.
  2. Nyatakan informasi yang jelas tentang Anda dan sepeda motor Anda seperti identitas pribadi Anda dan lokasi tempat Anda memarkir sepeda motor Anda.
  3. Tunjukkan jarak tempuh tahunan seperti berapa kilometer yang Anda tempuh per tahunnya.
  4. Beritahukan setiap perubahan atau modifikasi yang dilakukan pada sepeda motor 
  5. Nyatakan nilai sepeda motor dan berapa harga sepeda motornya saat ini.

Cara Mengecek Asuransi Sepeda Motor

Sebetulnya pengecekan status asuransi sepeda motor mudah saja. Anda bisa langsung menghubungi perusahaan penyedia jasa asuransi Anda untuk mengecek keaktifan status asuransi yang Anda miliki.

Selain menghubungi lewat telepon atau email, Anda juga bisa mengakses aplikasi yang biasanya mereka miliki. Dengan memasukkan username dan password, Anda bisa langsung mengecek status asuransi Anda, beserta biaya yang dibayarkan per bulannya.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these